Top Ad 728x90

Apakah Yang Membuat Kopi Luwak Begitu Mahal?

Apakah Yang Membuat Kopi Luwak Begitu Mahal? - Bagi Anda penikmat kopi, mungkin sudah tidak asing dengan kopi luwak, walaupun belum tentu Anda sudah pernah meminumnya karena harganya yang begitu mahal. Namun bukan berarti Anda tidak pernah mendengarnya bukan? Nah, kali kita tidak akan membicarakan apakah Anda sudah pernah minum kopi luwak atau belum, tapi kita akan membicarakan kenapa harga kopi luwak begitu mahal.
Bicara mengenai kopi luwak, sebenarnya kopi luwak hanya kopi biasa yang sama dengan kopi-kopi lain pada umunya. Kopi luwak pada dasarnya adalah kopi arabika yang kemudian dimakan oleh musang yang umum disebut luwak. Disebut kopi luwak karena kopi ini di berasal dari kotoran luwak yang sudah melalui proses cukup panjang. Di yakini oleh banyak orang bahwa kopi yang berasal dari kotoran luwak ini memiliki aroma yang berbeda dan rasanya nikmat.
Kopi luwak merupakan kopi termahal didunia saat ini, kabarnya bisa mencapai di atas 100 dolar per 500 gram. Kenapa kopi luwak bisa begitu mahal? karena prosesnya yang tidak layak yaitu melalui kotoran luwak, dan juga kopinya juga jarang di pasaran. Bayangkan, untuk bisa membuat kopi luwak harus melalui luwak terlebih dahulu, kemudian keluar melalui kotoran luwak, baru dibersihkan, kemudian baru di keringkan dan di olah menjadi kopi yang berharga tinggi.
Saya juga tidak tau kenapa kopi luwak begitu harum dan enak, sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan. Kalau kita berpikir pakai logika, masa kopi yang berasal dari kotoran luwak bisa begitu enak dan mahal! Tapi darimana pun kopi luwak berasal, yang pasti kopi ini sudah memberi bukti bahwa kopi luwak memang sudah menjadi kopi bernilai tinggi. Jangan pikirkan tentang prosesnya, tapi nikmati hasilnya dan Anda akan ketagihan minum kopi luwak.
Daerah mana sajakah yang menjadi penghasil kopi luwak saat ini? Beberapa daerah yang menjadi penghasil kopi luwak adalah Kabupaten Muara Enim,Kotabumi Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh dll. Sebenarnya masih ada beberapa daerah lainnya, cuma saya kurang begitu tau :D Bagaimana, Anda tertarik menjadi pengusaha kopi luwak, Anda harus memiliki musang/luwak dulu untuk bisa membuat kopi luwak. Ya, luwaklah yang membuat kopi biasa menjadi luar biasa! Demikian dulu mengenai kopi luwak, saya akan kembali dengan kopi lainnya yang tidak kalah enaknya.


Top Ad 728x90