Top Ad 728x90

Kopi Toraja, Nikmatnya Rasa Khas Kopi Toraja

Kopi Toraja, Nikmatnya Rasa Khas Kopi Toraja - Sesuai dengan namanya, yaitu kopi Toraja atau dalam bahasa inggris Toraja Coffee adalah kopi yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Mungkin sebagian orang tidak begitu kenal dengan Toraja, tidak seperti Bali, namun menurut saya Toraja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki budaya yang sangat unik dan rumit. Saya berani mengatakan seperti itu karena saya ada produk asli Toraja, jadi sedikit lebihnya saya tau budaya Toraja.
Ok, kita kembali ke topik, yaitu mengenai kopi Toraja yang nikmat dan memiliki rasa yang khas. Saya jadi teringat waktu saya lagi Toraja, setiap bangun pagi saya selalu minum kopi Toraja. Kopi Toraja, selain baunya yang harum, rasanya juga beda dengan kopi-kopi di daerah lain atau kopi pada umumnya. Kopi Toraja dibuat dengan cara khusus yaitu kopi yang baru di petik dari pohon di kupas kulitnya, kemudian di diamkan beberapa hari baru di cuci sampai keset. Atau sudah tidak licin atau mengandung lendir lagi pada kulitnya.
Kopi kemudian di jemur sampai kering di bawah terik matahari hingga beberapa hari sampai benar-benar sudah tidak mengandung air. Kopi yang sudah benar-benar kering dibersihkan kulit cangkangnya, kemudian di sangrai sampai siap untuk di tumbuk. Yang unik disini adalah untuk proses pembuatan kopi, dimana kopi di tumbuk disebuah lesung batu sampai berbentuk serbuk. Dalam proses ini beberapa kali melalui proses tumbuk sampai sudah siap jadi kopi untuk diminum. Nah, kopi yang dibuat dengan proses ini memang memiliki rasa yang sangat enak dan sangat harum.
Itu dalah proses pembuatan kopi Toraja secara tradisional, bagaimana dengan yang sudah menggunakan mesin? Pada intinya kopi Toraja yang dibuat dengan mesin dan tradisional memiliki rasa yang hampir sama, karena hanya beda di proses saja. Cuma rata-rata orang Toraja lebih suka dengan kopi yang dibuat dengan cara Tradisional, termasuk saya sendiri. Meskipun saya sebenarnya tidak tinggal di Toraja saat tulisan ini saya tulis. Tapi meskipun saya jauh, saya masih bisa menikmati kopi asli Toraja yang dibuat dengan cara tradisional.
Kenapa kopi Toraja bisa begitu enak? Karena saya bukan peneliti, jadi saya tidak bisa menjelaskan secara ilmiah, tapi kabarnya kopi toraja memiliki kandungan asam yang sangat rendah, hitam pekat dan memiliki rasa yang khas. Bagaimana, Anda ingin merasakan kopi Toraja? Mungkin Anda bisa mencarinya di Carrefour kalau Anda mau mencoba sensasi kopi Toraja. Kalau mau coba kopi Toraja yang dibuat dengan cara tradisional bisa tinggalkan komentar dibawah.


Top Ad 728x90