Top Ad 728x90

Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day 2012

Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day 2012 - International Women's Day - Diperingati setiap tanggal 8 Maret, hari prempuan sedunia merupakan dimana perempuan telah memegang peranan penting dalam setiap aspek kehidupan masyarakat dunia. Salah satu peristiwa yang sampai kini masih terus diingat oleh semua orang adalah kebakaran kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan kurang lebih 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.
Ditetapkannya hari perempuan sedunia berawal dari maraknya industrialisasi yang dan ekspansi ekonomi, dimana para perempuan merasakan adanya kondisi kerja yang kurang nyaman dan upah buruh wanita juga jauh lebih rendah. Sebagai imbas dari semua itu, pada tanggal 8 Maret 1857 para buruh garment di New York City memprotes ketidakadilan tersebut.
Sampai saat ini tanggal 8 Maret ditetapkan sebagai hari perempuan sedunia. Di Eropa. pada tahun 1920 hari perempuan sedunia sebenarnya sudah mulai diperingati, namun kemudian sempat menghilang. Pada tahun 1960 kemudian hari perempuan sedunia dibangkitkan lagi, seiring munculnya gerakan feminisme. Feminisme adalah gerakan menuntunt persamaan hak dan emansipasi dan keadilan dengan pria.

Hari ini, 8 Maret 2012 sebagai hari perempuan sedunia, Google Doodle memperingatinya dengan memasang gambar simbol perempuan di mesin pencarinya. Google Doodle ini akan muncul setiap hari-hari besar dunia yang di anggap penting oelh Google. Selamat hari perempuan sedunia untuk para wanita Indonesia pada khususnya dan dunia pada umunya.

Top Ad 728x90