Top Ad 728x90

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan - Daun sirih merupakan jenis pohon merambat yang dapat tumbuh subur di wilayah Indonesia. Daun sirih selain digunakan sebagai bahan makanan, daun sirih juga ternyata memiliki khasiat lainnya, yaitu sebagai obat. Daun sirih di percaya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar darah glukosa dalam dalam darah, ini dibuktikan oleh para peneliti dari IPB ( Institut Pertanian Bogor ). Para peneliti tersebut melakukan uji coba terhadap tikus dan ternyata daun sirih dapat berfungsi sebagai toksisitas ekstrat air daun sirih dapat menurunkan kadar glukosa pada tikus.  Sebanyak 200 gram daun sirih direbus dengan 1 liter air hingga menyisahkan 100 gram saja.

Selain sebagai obat penurun kadar glukosa, daun sirih juga ternyata memiliki manaaf untuk mengobati kencing manis, obat kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan, peradangan, darah tinggi atau hipertensi, ambien dan bermanfaat juga mengobati maag. Seperti daun-daun lainnya, daun sirih tidak memiliki efek samping dan aman untuk di konsumsi. Ini sudah terbukti dari nenk moyang kita yang sudah mengkonsumsi daun sirih sejak zaman dahulu. Bahkan hingga saat ini daun sirih masih banyak digunakan oleh orang Papua sebagai bahan sirih untuk dikunyah dan dikonsumsi setiap hari. 

Selain sebagai obat, daun sirih (Piper betle L./Chavica aurculata Miq) ternyata juga dapat menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Caranya, bisa dengan mengunyah daun sirih secara mentah atau bisa juga direbus kalau Anda tidak tahan rasanya yang sedikit sepat dan bau. Daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat untuk keputihan. Caranya, cukup rebus daun sirih dengan air dan diminum setiap hari hingga keputihannya hilang.  Bagaimana, masih takut mengkonsumsi daun sirih? Demikian manfaat daun sirih untuk kesehatan, semoga berguna. Salam

Top Ad 728x90